Tips Ampuh Agar Android Tidak Lemot


Hp Android Gua Lemot Broo !!!!!!!!

Banyak sekali teman kalian yang teriak-teriak, mengeluh atau bahakan hingga prustasi dikarenakan Handphone Android yang dipakai nya sangat lamban/lemot. Faktor utama lemot yang terjadi pada handphone android dikarenakan kalian tidak mengerti dan tidak memahami cara kerja android.

Ciri-ciri bahwa kalian tidak mengerti dan tidak memahami cara kerja handphone android adalah cukup dengan melihat handphone kalian dipastikan adanya aplikasi-aplikasi yang meneurutkalian berguna untuk mempercepat kinerja android. Menurut fortinus itu salah satu tindakan yang kurang tepat, karena tanpa aplikasi-aplikasi tersebut handphone android kalian bisa secara maksimal.

Ada yang mengatakan handphone android kalian harus di Root. Owhhh.. tidak juga root hanya di gunakan bagia kalian yang terlalu memaksakan kinerja android kalian. Sebetulnya kalian mengetahui bahwa handphone android yang kalian gunakan sudah tidak mampu di optimalkan alias sudah harus ganti handphone bro.....

Disini abang fortinus akan memberikan kalian tips mengoptimalkan kinerja handphone android dan memahami spesifikasi handphone android yang kalian gunakan. Sebetulnya cara ini sangatlah sederhana namun ampuh sekali. Ijinkan abang fortinus untuk bercerita sedikit..

--- Awal Cerita ---

Adik menginginkan handphone android dengan merk Samsung Galaxy Mega, dan pada akhirnya saya pun membelikan handphone tersebut sebagai hadiah ulang tahun. Wow, adik saya merasa senang, akhirnya handphone yang dia inginkan telah terpenuhi.

Seirig berjalannya waktu sekitar 6 bulan kemudian, adik saya merengek-rengek ingin ganti handphone menjadi Iphone dengan alasan handphone android yang dipakainya sekarang Lemot dan sering nge-hang.

Bisa kalian bayangkan handphone android dengan Merk Samsung Galaxy Mega Lemotttt ??? #damn

Saya berasumsi bukan karena lemot namun adik saya ingin mengganti dengan handphone Iphone. Jadi is oke saya membelikan handphone Iphone 4s untuk adik saya dan saya menggunakan handphone android dengan merk samsung galaxy mega tersebut.

Setelah saya lihat ternyata nge-hang atau lemot sendiri terjadi dikarenakan adik saya tidak menegrti menggunakannya setelah saya melakukan setting-setting dan melakukan sedikit optimasi handphone android yang tadinya suka nge-hang atau lemeot sudah berjalan dengan normal. Saya coba mengintal banyak aplikasi sosial , membuka banyak aplikasi ternyata lancar-lancar saja.

---Akhir Cerita ---

Melihat dari cerita diatas yang menjadikan faktor utama penyebab handphone android lemot atau nge-hang adalah kalian tidak mengerti tentang handphone android yang kalian gunakan. Betul ???

Okay, sekarang kita akan membahas satu per satu mengenai handphone android. Pembahasan ini berlaku untuk semua handphone android dan semua tipe, merk handphone android.

1. Langkah Awal
Pada langkah awal ini kalian coba mereset android kalian kesetelan pabrik terlebih dahulu untuk memahami aplikasi dan kinerja awal bawaan pabrik pada handphone android kalian. Berikut adalah langkah untuk mereset handphone android kesetelan pabrik :

  • Masuk pada menu " Setting "
  • Cari bagian " Accounts "
  • Lalu klik tulisan " Backup and Reset "
  • Setelah itu klik " Factory Data Reset "
  • Tekan oke dan lanjutkan , tunggu hingga proses Reset selesai dan pastikan batre handphone android anda penuh agar tidak mati saat proses berlangusung.
* Mereset dan mengembalikan handphone android anda kesetelan Pabrik akan menghapus seluruh file pada handphone android anda.

2. Langkah ke 2
Selesai melakukan Langkah Awal sekarang anda lihat perubahan yang terjadi. Setelah melakukan reset tadi handphone android anda menjadi stabil, lancar dan cepat bukan ? itu artinya handphone anda memang tidak bermasalah dan yang bermasalah itu pastinya anda yang tidak mengerti heee. 

Jika setelah di reset ke setelan pabrik handphone anda masih lambat makan di pastikan anda harus membeli handphone yang baru.

Kita simpulkan handphone kalian kembali normal dan cepat. Sekarang kalian harus menganalisa aplikasi apa saja yang berjalan dan terinstal serta bagaimana proses kerja aplikasi yang ada pada android kalian. Berikut langkah menganalisa kinerja dan aplikasi android pada setelan pabrik.
  • Masuk pada menu " Setting "
  • Pada bagian " Device Manager " klik " Application Manager "
  • Maka akan keluar tampilan daftar aplikasi yang terinstal. Tampilan tersebut terbagi menjadi 4 bagian yaitu : Downloaded, On SD Card, Running dan All
  • Perhatikan pada bagian " Running ". Pada bagian ini bisa anda liat kolom RAM  yang berada paling bawah menandakan space RAM yang di gunakan dan RAM yang kosong. Coba anda lihat proses tersebut dan anda cata berapa jumlah RAM kosong. Misalkan : 512 Mb Free

3. Langkah ke 3
Setelah anda mengetahui space kosong tersebut silahkan anda download 1 aplikasi pada Play Store misalkan Facebook. Setelah anda mendownload aplikasi tersebut silahkan login dan jalankan aplikasi tersebut dan jangan di close, lalu anda switch kembali ke Langkan ke 2 untuk melihat jumlah RAM kosong pada bagian Running

Saya akan bertanya kepada kalian , Apakah jumlah space kosong tersebut yang tadinya 512 Mb menjadi berkurang semisalnya menjadi 425 Mb Free ? Jika Ya, artinya android alian berjalan dengan sempurna.



Silahkan kalian download aplikasi lainnya di Play Store hingga sisakan Space kosong pada bagian Running maksimal hingga 100 Mb Free Fortinus menyarankan 100 Mb Free agar android kalian tidak lemot. Kalian bisa menginstal aplikasi media sosial, Facebook, Twitter, Instagram, Whatsapp, Line dsb.

Setelah selasai coba kalian lihat kembali ke Langkah 2 sudah menyiskan berapa space Free ? Apa yang kalian rasakan sekarang  ? Berjalan dengan baik ?

Cukup dengan ke 3 langkah ini kalian bisa memahami kinerja maksimal android yang kalian gunakan. Tips tambahan dari Abang Fortinus.

Tips Tambahan
- Agar kinerja Running maksimal setiap setelah membuka beberapa aplikasi secara bersamaan segera lah close aplikasi tersebut, jangan di biar kan menumpuk.

- Tidak perlu menginstal aplikasi Clear Cached karena pada Langkah ke 2 kalian bisa melakukan Clear Cached sendiri dengan mengklik aplikasi yang ingin kalian Clear Cached nya. Jika kalian memilih untuk mendownload aplikasi Clear Cached yang tersedia di Play Store maka itu akan mengurangi lagi Space Kosong pada RAM dan alhasil handphone kalian lemot kembali.

- Kalian harus paham semua fungsi peng optimalan handphone android sudah di sediakan langsung oleh android tidak perlu menggunakan aplikasi-aplikasi yang aneh-aneh.

- Installah aplikasi yang benar-benar kalian butuhkan dan jangan instal aplikasi yang tidak jelas asal-usul dan fungsinya. Mulai sekarang pahami fungsi-fungsi dan kegunaan aplikasi.


Mungkin cukup sekian tips hari ini dari Abang Fortinus semoga membantu. Kalian ingin berdiskusi dengan Abang Fortinus mengenai Handphone Android, silahkan komentar atau kirim email ya.. nanti pasti saya akan balas atau add saja facebook saya, kita chating lewat facebook. 
Tips Ampuh Agar Android Tidak Lemot Tips Ampuh Agar Android Tidak Lemot Reviewed by Unknown on 10:57 PM Rating: 5
Powered by Blogger.