Pengenalan Ruby on Rails Beserta Contoh


Siapa yang tidak mengenal tentang Ruby on Rails ? Bagi kalian penggemar coding atau kalian yang sudah lama menggeluti dunia programmer pasti sudah tidak asing lagi bukan ? Disini saya sebagai newbi yang sama-sama belajar tentang bahasa pemograman akan memberikan kalian pengetahuan yang saya punya tentang Ruby on Rails.

Sebelum saya mencoba membahas dan meberikan sedikit pengenalan tentang bahasa pemograman Ruby on Rails, saya ingin meminta ijin bagi para suhu / master" Rubi on Rails apabila penyampaiaan yang saya berikan kurang bagus. heee

Ruby on Rails
Ruby adalah bahasa pemrograman berorientasi object yang dibuat oleh Yukihiro Matsumoto (Matz) pada tahun 2000. Ruby dapat digunakan di berbagai sistem operasi Linux, MacOs, dan Windows, dikembangkan secara open source. Setiap orang boleh menggunakan Ruby secara gratis, dan juga bebas untuk menduplikat, mendistribusikan bahkan melakukan perubahan / modify !

Rails merupakan web framework yang dibuat dengan bahasa pemrograman Ruby, dikembangkan pertama kali oleh David Heinemeier Hansson pada tahun 2003.  Rails juga open source tapi dengan lisensi MIT.

Rails menggunakan konsep MVC, singkatan dari Model View Controller, sehingga memudahkan programmer dalam melakukan manajemen codes.

Selengkapnya tentang Ruby on Rails bisa kalian akses disini

Sekarang mari kita mulai mencoba bahasa pemograman Ruby on Rails. Sebelum itu kalian harus terlebih dahulu mendownload engine Ruby on Rails disini dan pilih berdasarkan sistem operasi komputer yang sesuai dengan yang kalian gunakan.

Saya anggap kalian sudah mendownload dan sudah paham ya. (ingat tutorial coding ini dikhususkan kalian yang sudah paham seluk beluk pemogramman bagi yang belum silahkan pahami dulu ya, supaya tidak bingung nantinya)

1. Buka terminal kalian, lalu ketikan :

$ rails new MySite

Tekan Enter

2. Kemudian ketik lagi perintah berikut :

$ bundle install

Tekan Enter, maka akan keluar tulisan seperti gambar di bawah ini :

3. Terakhir ketikan perintah berikut :

$ rails server

Tekan Enter, jika berhasil maka akan keluar tampilan seperti berikut ini :

Diatas adalah tampilan yang menyatakan bahwa Ruby on Rails sudah terinstal pada laptop kalian atau sudah tertanam di server kalian. Kalian bisa mencobanya dengan mengakses url http://localhost:8000 pada browser , lalu tekan enter. Maka akan keluar tampilan seperti berikut  :


Dalam 3 perintah di atas kalian sudah membuat Ruby on Rails bekerja dengan baik dengan menampilkan halaman default. Perintah diatas menciptakan aplikasi baru bernama MySite dan menghasilkan sejumlah file dan folder yang akan kita gunakan untuk membangun aplikasi. 

Mengapa kalian bisa mengakses http://localhost:8000 pada browser ?

  1. Ketika kalian mengakses http://localhost:8000, permintaan tersebut di akui oleh router Rails pada folder config/routes.rb dan mengirimkan permintaan ke controller.
  2. Controller menerima permintaan tersebut dan memprosesnya.
  3. Controller melewati permintaan ke tampilan browser.
  4. Browser merender halaman sebagai HTML
  5. Controller mengirimkan HTML kembali ke browser dan hasilnya yang anda bisa liat pada browser anda masing-masing.

Cara kerja diatas disebut siklus permintaan / tanggapan. Cara ini adalah cara yang berguna untuk melihat bagaimana file aplikasi Ruby on Rails dan folder memiliki kecocokan.

Sekarang kita akan coba membuat file controller pada bahasa pemograman Rubi on Rails.

1. Buka terminal kalian, lalu ketikan perintah tersebut :

rails generate controller Pages

Tekan Enter

2. Setelah selesai, silahkan buka file app/controller/halaman_controller.rb dan tambahkan script tersebut pada Class PagesController.

class PagesController < ApplicationController
def home
end
end 

Hasilnya seperti gambar dibawah ini :

Kita telah berhasil membuat Controller pada Rubi on Rails. Sekarang kita akan memasukan file HTML yang nanti hasilnya dapat kita lihat pada browser.

1. Buka file config/routes.rb dan simpan sintak dibawah ini :

get 'welcome' => 'pages#home'

Sebagai Contohnya anda bisa lihat pada gambar dibawah ini :

2. Sekarang buka file app/views/halaman/home.html.erb dan ketikan HTML yang anda inginkan, sebagai contoh saya akan memasukan sintak tersebut :

<div class="main">
<div class="container">
<h1>Hello My Website is www.fortinus.blogspot.com</h1>
<p>I make Rails Apps</p>
</div>
</div>



Buka Browser lalu ketikan http://localhost:8000 maka akan keluar tampilan sebagai berikut :

Traaallllaaaaa...... Mudah bukan ?

Pada pembahasan kali ini kita sudah membahas sekitar 5 pembahasan dan praktek tentang Rubi on Rails yaitu :
  1. Menghasilkan aplikasi baru Rubi on Rails
  2. Membuat controller dan menambahkan fungsi.
  3. Membuat rute URL ke action controller
  4. Membuat tampilan dengan HTML dan CSS
  5. Menjalankan aplikasi web server lokal dan priview aplikasi di browser
Mungkin cukup sekian informasi yang dapat saya berikan. Jika ingin berdiskusi kalian cukup komentar dibawah ini atau kirim email dan insyaallah akan saya jawab.

Salam sukses semuanya.



Pengenalan Ruby on Rails Beserta Contoh Pengenalan Ruby on Rails Beserta Contoh Reviewed by Unknown on 3:54 AM Rating: 5
Powered by Blogger.