Wajib Tahu Ini Tentang Komedo Yang Ada Pada Tubuh Kita


Komedo adalah benjolan (papula) kecil pada permukaan  kulit yang berwarna hitam. Komedo merupakan  jenis jerawat yang tergolong ringan yang umumnya muncul pada wajah. Selain wajah, komedo juga bisa muncul di leher, dada, bahu punggung, dan lengan.

Komedo sendiri terbagi menjadi banyak jenis, yakni:


  1. Komedo terbuka (komedo hitam). Informasi mengenai gejala, penyebab, dan penanganan untuk komedo hitam akan dibahas pada halaman ini.
  2. Komedo tertutup (komedo putih), merupakan jenis komedo di mana folikel rambut sepenuhnya tersumbat.
  3. Mikrokomedo, merupakan komedo yang sangat kecil yang tidak tampak oleh mata.
  4. Makrokomedo, merupakan komedo putih dengan diameter 2-3 mm.
  5. Komedo raksasa, merupakan sejenis kista di mana terdapat ujung terbuka berwarna hitam di atasnya.
  6. Komedo solar, seringkali dijumpai di daerah pipi dan dagu pada lansia, dan paparan sinar matahari ditengarai menjadi penyebabnya.

GEJALA KOMEDO

Benjolan komedo yang berukuran sangat kecil dan berwarna hitam pada permukaan kulit akan mudah terlihat oleh kita secara kasat mata. Karena tidak terjadi inflamasi, komedo tidak terasa sakit. Komedo bisa mengalami peradangan jika dicungkil atau digaruk.

PENYEBAB KOMEDO

Setiap folikel rambut terdiri dari sehelai rambut dan kelenjar minyak (sebum) yang berfungsi menjaga kulit tetap halus. Komedo disebabkan oleh sel kulit mati dan minyak yang terkumpul pada ujung luar folikel kulit. Karena kulit di atas komedo terbuka dan terpapar udara, maka warna komedo menjadi tampak hitam.

Ada beberapa faktor yang dapat memicu tumbuhnya komedo, di antaranya:

  1. Meningkatnya jumlah bakteri propionibacterium acnes pada permukaan kulit.
  2. Iritasi folikel rambut yang menyebabkan sel kulit mati tidak rontok secara teratur.
  3. Mengalami perubahan hormon yang menyebabkan meningkatnya produksi minyak, terutama pada saat remaja dan saat menstruasi.
  4. Mengonsumsi obat-obatan tertentu, misalnya steroid, lithium, atau pil KB.
  5. Kulit yang terlalu kering sebelum menstruasi karena pemakaian pelembap kulit atau berada dalam cuaca yang lembap.
  6. Memakai produk dengan bahan kimia tertentu, termasuk pomade (sejenis gel rambut untuk pria) yang berminyak dan beberapa cat rambut.
  7. Makanan tertentu dapat menimbulkan komedo, misalnya produk susu dan makanan dengan indeks glikemik tinggi (kandungan gula dan lemak tinggi).
  8. Folikel rambut yang rontok karena cedera, misalnya akibat memencet jerawat, efek samping chemical peels (teknik pembersihan kulit dengan cara dikelupas menggunakan larutan kimia), atau efek samping perawatan laser.
BAHAYA KOMEDO

Bahaya sekali jika kalian mengabaikan komedo ini. Berikut beberapa masalah kulit yang timbul akibat komedo :

  1. Kulit wajah menjadi lebih kasar.
  2. Perubahan warna kulit wajah. Warna kulit wajah akan terlihat tidak rata. Hal ini dikarenakan komedo yang menumpuk akan membentuk lapisan warna kulit yang lebih gelap dan terlihat kotor.
  3. Pori- pori wajah terlihat membesar. Pori- pori wajah yang besar membuat wajah Anda terlihat lebih tua dari usia Anda.
  4. Timbul jerawat yang sulit hilang atau kempes. Timbunan komedo khususnya komedo putih bisa menyebabkan timbul jerawat pada wajah. Jerawat yang disebabkan oleh komedo putih yang tidak dibersihkan lebih sulit hilang atau kempes dibanding jerawat biasa.
  5. Sulit mengaplikasikan make up dengan sempurna. Bagi kaum hawa, menggunakan makeup merupakan kebutuhan sehari-hari. Tapi sayangnya memiliki komedo pada wajah,akan membuat makeup Anda susah diaplikasikan. Pemakaian bedak pada wajah berkomedo, membuat bedak susah menempel pada kulit wajah.
  6. Wajah seperti banyak lubang / bopeng.
  7. Kurangnya kepercayaan diri. Wajah yang dipenuhi komedo tentu akan membuat Anda merasa kurang percaya diri saat Anda harus bertatapan muka dengan orang lain secara dekat. Apalagi anda yang berprofesi didunia entertain, tentu wajah yang bersih menjadi modal yang membuat Anda lebih percaya diri.
BAHAN ALAMI PENGHILANG KOMEDO

  1. Pepaya
    Buah ini sangat mudah didapatkan di negara tropis seperti Indonesia. Buahnya sangat manis jika dikonsumsi dalam keadaan matang. Menurut penelitian, ada kandungan yang bisa menghilangkan komedo dan di jerawat pada buah pepaya.

    Aplikasikan buah pepaya sebagai masker selama dua kali seminggu sebelumnya campurkan dengan madu, diamkan selama 10 menit, kemudian bisa menggunakan air dingin.
  2. Putih telur
    Khasiat telur untuk wajah memang sangat banyak, terlebih jenis putih telur. Dipercaya bisa mengencangkan kulit di wajah, putih telur juga bermanfaat untuk menghilangkan komedo.

    caranya cukup kocok putih telur dan jadikan masker di wajah, diamkan kemudian bilas dengan air bersih.
  3. Air garam
    Bumbu dapur ini sangat bermanfaat untuk menghilangkan komedo di wajah. Caranya dengan berikan air hangat pada dua sendok garam, kemudian bilaskan ke wajah setiap hari secara teratur.
  4. Lemon
    Kandungan vitamin C pada buah lemon sangat banyak sehingga memiliki antiseptik yang berguna menghilangkan timbulnya jerawat dan membersihkan wajah dari komedo.

    Peras buah lemon, kemudian air perasannya kamu oleskan ke wajah. Lakukan setiap malam sebelum tidur. Bilas di pagi hari. Kamu akan merasakan wajah yang bersih bebas komedo.
MENGHILANGKAN KOMEDO DENGAN OBAT TOPIKAL

  1. Langkah pertama adalah menggunakan susu pembersih non-comedogenic, atau bebas minyak.
  2. Cuci wajah dengan sabun ringan. Lakukan ini hanya dua kali sehari. Mencuci berlebihan dapat membuat komedo anda lebih parah.
  3. Gunakan benzoil peroksida untuk membunuh bakteri yang hadir di pori-pori kulit.
  4. Asam salisilat akan membantu mengelupaskan sel-sel kulit mati supaya membuka sumbatan di pori-pori. Atau gunakan lah retinoid untuk mengelupaskan kulit. Pemakaian retinoid juga akan mengeringkan komedo, serta mengurangi kelebihan minyak. Karena retinoid mengandung asam, maka kulit mungkin akan terasa kesemutan. Namun itu adalah gejala normal.
VIDEO CARA MENGHILANGKAN KOMEDO




Wajib Tahu Ini Tentang Komedo Yang Ada Pada Tubuh Kita Wajib Tahu Ini Tentang Komedo Yang Ada Pada Tubuh Kita Reviewed by Unknown on 3:36 AM Rating: 5
Powered by Blogger.