Cara Memilih Lokasi Bisnis Yang Tepat dan Akurat



#PART 4

Kadang kita kurang menyadari pentingnya loksi bagi bisnis kita. Memang untuk pebisnis baru dengan modal pas-pasan. Garasi mobil atau salah satu ruang kamar dapat kita jadikan kantor buat bisnis kita. Tapi kalau kita mempunyai sedikit modal untuk membuat atau menyewa 1okasi untuk kantor kita. Apa yang mesti kita pertimbangkan?

Ada kata-kata bijak, "kalau anda ingin menangkap ikan, tebarkanlah jala dimana mereka berada". Nah, begitu juga dengan lokasi kantor atau toko kita, terutama jika bisnis kitatermasuk dalam bisnis retail. Menentukan dan memilih lokasi kantor atau toko juga akan menentukan banyaknya keuntungan atau konsumen yang akan kita raih.

Yang paling utama adalah tetapkan alasan apa yang menyebabkan kita harus memilih lokasitersebut. Ada banyak alasan, seperti kita menemukan pasar baru atau memperuas pasar, atau kita mengupgrade fasilitas atau peralatan produksi kita, atau karena pertimbangan biaya dan cash flow bisnis kita. Semua hal ini bisa dialami oleh orang yang baru memulai bisnis atau orang yang mau merelokasi bisnisnya. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan antara lain,
  1. Pertimbangkan karakter atau sifat daerah yang akan kita pilih untuk lokasi. Ada banyak karakter lokasi seperti daerah/distrik bisnis yang tentu banyak aktivitas bisnis ada di daerah ini terutama 'perkantoran', komunitas kecil seperti perumahan atau komplek perkantoran, pusat kota, daerah urban yang terletak di pinggiran kota, desa atau kota kecil, atau hanya lingkungan tetangga saja. Tentu saja ini terkait dan disesuaikan dengan produk atau jasa apa yang kita tawarkan pada konsumen.
  2. Pertimbankan harganya tentu jika bentuknya adalah sewa atau kontrak. Biasanya hal ini di pengaruhioleh letak dan bentuk tempat yang akan kita sewa.
  3. Perhatikan infrastruktur yang ada, seperti berapadaya listrik yang ada, karena bagi yang berproduksi dengan mesin-mesin pasti memerlukan daya listrik yang besar, bagaimana tunjangan komunikasinya, sambungan telepon atau fax atau internet, sudah menggunakan fiber optic atau belum, juga persediaan air yang ada terutama jika dalam berproduksi menggunakan air dalam jumlah yang besar.
  4. Analisa juga fasilitas yang disediakan tempat tersebut, seperti apakah tersedia tempat parkir yang cukup, adakah satuan pengamanan (satpam) tersedia.
  5. Kita juga mempertimbangkan kondisi lalu lintas yang ada di daerah itu, crowded apa tidak, apakah jalan di depannya satu arah atau dua arah, atau apakah konsumen juga bisa mendapatkan keperluannya dengan hanya sekali jalan.
Banyak memang aspek-aspek yang harus dipertimbangkan, lalu bagaimana memilihnya? Jika ada beberapa pilihan lokasi untuk bisnis kita, ada cara mudah yang dapat dilakukan dalam memilihnya. Siapkan selembar kertas, dan mulailah menyusun daftar kriteria seperti yang sudah diuraikan di atas pada kolom pertama. Kemudian hitunglah bobot kriteria-kriteria tersebut. Misalnya harga, mendapat porsi tertinggi 40%, kondisi lalu lintas 5%, dan seterusnya. Jumlah bobot kriteria ini adalah 100%.


KoIom-ko1om selanjutnya adalah kolom lokasi-lokasi yang akan kita pilih. Tentukan nilai masing-masing lokasi terhadap kriteria yang ada, ini bisa Anda nilai pada skala 1-10. Setelah itu kalikan nilai ini dengan bobot kriteria yang ada. Begitu seterusnya, iuga dilakukan pada lokasi yang lain. Seteiah terisi semua, jumlahkan hasil perkalian tersebut berdasarkan lokasi yang ada kini. Anda mendapatkan penilaian lokasi untuk bisnis Anda. Rasional dan semua sudah mempertimbangkan kriteria yang ada.

Bagaimana dengan virtual office atau business center yang kini banyak ditawarkan? Memang, terutama di kota besar seperti Jakarta atau Surabaya, sudah muncul beberapa perusahaan yang menyewakan atau menawarkan jasa virtual office atau business center yang dapat kita gunakan secara jam-jaman. Jasa ini sangat menarik karena kita tidak perlu memiliki seorang sekretaris dan ruang kerja karena perusahaan jasa ini akan menyediakannya, bahkan alamat surat dan nomor telepon pun juga disediakan. Dengan cara ini, kita bisa memiliki ruang kantor yang berada di daerah elit. Mudah Bukan ?

So, yang penting sebelum memilih lokasi adalah harus kita pelajari betul lokasi yang akan jadi pilihan kita nanti. sesuaikan dengan produk atau jasa yang kita tawarkan. Dan jangan lupa potong tumpeng untuk memulai bisnis di tempat baru. hehehehehe.....


Salam,
Abang Fortinus
Cara Memilih Lokasi Bisnis Yang Tepat dan Akurat Cara Memilih Lokasi Bisnis Yang Tepat dan Akurat Reviewed by Unknown on 3:59 AM Rating: 5
Powered by Blogger.